Valve dan HTC coba Saingi Oculus Dengan Vive

HTC dan Valve baru saja mengumumkan kolaborasi mereka dalam pengembangan perangkat virtual reality bernama Vive untuk menandingi perangkat Oculus. Perangkat ini akan di rilis tahun ini sementara edisi developer akan di rilis di musim semi tahun ini. Mereka berjanji akan memamerkan prototype perangkat ini di Game Developers Conference atau GDG minggu depan, dimana peserta akan mendapat kesempatan untuk mencoba perangkat dengan teknologi VR yang sedang digarap oleh Valve dan HTC.

Perangkat Vive ini menggunakan dua tampilan 1200x 1080 yang mempunyai refresh rates 90 frame per detik, menghilangkan kerlipan dan mencapai ketajaman “photo realistic”. tampilan nya melingkupi seluruh daya jangkau sudut pandang dengan pandangan 360 derajat. Mereka mengatakan di konferensi pers bahwa ini adalah perangkat pertama yang menawarkan pengalaman berdiri, berjalan disekitar ,menjelajahi ruang virtual , dan mengamati objek di sekitar melalui semua sudut dan berinteraksi dengan keadaan sekitar.

Selain spesifikasi yang cukup mutakhir, Vive juga dilengkapi dengan controller wireless yang memiliki kemampuan motion tracking. Dengan adanya ini, Vive dijamin akan sangat cocok untuk digunakan dalam bermain game action,adventure,first person,dll. Selain games, Vive juga akan cocok digunakan pada aplikasi interaktif lainnya.

Mereka juga menambahkan bahwa perangkat ini cukup ringan untuk digunakan, jadi kita tidak akan merasa kelelahan ketika menggunakan perangkat ini dalam jangka waktu yang lama. Selain itu di versi developer ini di sediakan jack audio sendiri, sehingga kita dapat menggunakan earphone favorit kita.